Senin, 29 April 2024

Sembilan Tahun STKIP Muhammadiyah Kuningan

Semangat Bersama, Inovasi Berkelanjutan

Oleh : Nanan Abdul Manan

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan

Tepat tanggal 22 Desember 2019 merupakan titik balik Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan genap berusia 9 tahun. 22 Desember 2010 yang lalu kampus ini telah didirikan oleh para founding fathers yang memiliki daya juang tinggi bagaimana Muhammadiyah di Kabupaten Kuningan dapat memberikan pencerahan melalui level Pendidikan Tinggi bagi warga Kuningan dan sekitarnya. Momentum strategis ini merupakan masa dimana STKIP Muhammadiyah Kuningan sebagai salah satu dari 6 perguruan tinggi di Kabupaten Kuningan, yang ingin terus menebarkan kebermanfaatan bagi umat dalam konteks Pendidikan. Usia Sembilan tahun merupakan masa penguatan visi Lembaga yang telah dicanangkan sejak awal yaitu menjadi perguruan tinggi yang Islami, Unggul dan berdaya saing. Maka di Milad ke 9 ini, visi tersebut semakin diperkuat lagi dengan adanya penyempurnaan konsep yakni menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang pendidikan, teknologi, dan kewirausahaan yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam.

Trilogi Pengembangan

Trilogi pengembangan STKIP Muhammadiyah Kuningan yang menekankan pada aspek penguatan Catur Dharma perguruan tinggi yang direpresentasikan dalam tagline ‘pendidikan’ merupakan aspek integrasi antara proses pendidikan, penelitian, pengabdian dan al Islam dan Kemuhammadiyahan. Integrasi nilai catur dharma ini harus diiinternalisasi pada civitas akademika STKIP Muhammadiyah Kuningan dalam berpikir, bersikap dan berperilaku. Distingsi STKIP Muhammadiyah Kuningan dalam mengimplementasikan nilai-nilai tri dharma perguruan tinggi ini dibungkus dalam nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai penciri Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Penciri tersebut berlandaskan pada Qoidah Muhammadiyah, Matan keyakinan Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah dan aturan-aturan lain yang sesuai dengan ketentuan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Muhammadiyah.

Aspek penguatan visi kedua adalah teknologi. Aspek teknologi merupakan aspek penting dalam merespon era disrupsi. Basis teknologi di semua lini telah menjadi salah satu parameter kuat bahwa suatu perkembangan ilmu pengetahuan telah terjadi. Begitu pula dalam konteks Pendidikan, pemanfaatan teknologi menjadi hal yang sangat penting untuk dikolaborasikan. Technology based Learning and teaching, technology based learning media, technology based learning services, technology based academic management merupakan implementasi atau teknologi terapan yang dirancang dan dikembangkan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan secara mandiri dalam website www.upmk.ac.id dan sejumlah subdomain lainnya. Teknologi Pendidikan diciptakan untuk memberikan kemudahan akses, penguatan daya nalar mahasiswa, dan stimulasi daya kreativitas mahasiswa dalam memahami potensi maupun preferensi mereka dalam pembelajaran. Teknologi pembelajaran dalam implementasinya dapat tercermin dengan dikembangkannya media pembelajaran maupun sumber belajar dengan basis IT. Sesuai dengan program yang dikembangkan oleh pemerintah, bahwa perkuliahan sudah dapat dilakukan melalui blended learning dan fully online learning. Kedua model pembelajaran di level perguruan tinggi cukup memberikan atmosfir akademik baru bagaimana learning creativity, self-learning, danself-responsibility mahasiswa terbangun dengan baik. Mereka belajar menggunakan teknologi dengan segala menu pembelajaran lengkap, mereka pun dapat menentukan target pembelajaran, berkompetisi prestasi dan berkolaborasi dalam menemukan gaya belajar yang disukai oleh mereka. Dalam tataran praktis di STKIP Muhammadiyah Kuningan, penggunaan media pembelajaran berbasis IT dapat terlihat dengan penggunaan sumber belajar dari website, youtube, pengembangan Learning Management System Google Classroom dan sekarang sedang dilakukan pengembangan LMS mandiri yang secara hak cipta akan menjadi milik STKIP Muhammadiyah Kuningan. Dengan demikian, teknologi dalam Pendidikan menjadi aspek prioritas yang dikembangkan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Aspek penguatan visi ketiga adalah kewirausahaan. Membangun entepreunial university merupakan trend yang akan terus digaungkan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan. Kolaborasi antara aspek akademik dan wirausaha merupakan konsep strategis yang dijadikan program unggulan. Rasionalisasi dari program ini adalah secara statistik, bahwa lulusan FKIP atau STKIP setiap tahun di Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan.  Ditambah lagi dengan lulusan dari PTN atau PTS luar Kuningan yang notabene warga Kuningan akan terus bersaing untuk memenangkan peluang mengajar di Kuningan. Sementara peluang mengajar dengan orientasi menjadi PNS sangatlah minim. Oleh karenanya, STKIP Muhammadiyah Kuningan menciptakan program pengembangan wirausaha kepada semua mahasiswa. Menumbuhkembangkan prinsip-prinsip entepreuner merupakan kompetensi dan skill tambahan sebagai penguatan bagai mahasiswa. Karena ketika menjadi guru professional adalah kompetensi utama maka berwirausaha merupakan kompetensi penunjang. Keduanya harus tercipta pada diri semua mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan. Sebagai implementasi nyata dari penguatan prinsip-prinsip wirausaha itu, maka STKIP Muhammadiyah Kuningan memiliki Badan Usaha Perguruan Tinggi yang berkewajiban untuk menciptakan inkubasi-inkubasi bisnis yang kelak dapat melahirkan para pengusaha plus akademisi. Program-program terdekat yang mulai digaungkan adalah mini market, koperasi Syariah, Pengelolaan Sampah, digital marketing dan akan terus bermunculan program-program baru sesuai kebutuhan pengembangan potensi mahasiswa.

Dari ketiga aspek penguatan Visi Lembaga yakni Pendidikan, teknologi dan kewirausahaan, maka perlu dirumuskan konsep kolaborasi ketiganya dengan term yang mudah dipahami yakni edutech atau education-technology, edupreuner atau education-entepreunership, dan edureligy atau education-religious oriented. Edutech mencerminkan nilai kolaborasi tridharma dalam implementasinya, edupreuner merupakan kolaborasi prinsisp-prinsip akademisi dan mental wirausaha, sementara edureligy merupakan kolaborasi akademik dan al Islam dan Kemuhammadiyahan. Hal ini menjadi urgen karena semua kegiatan akademik, pengembangan teknologi dan penciptaaan generasi wirausaha harus tetap mengedepankan akhlaq atau moralitas.

Semangat Bersama, Inovasi Berkelanjutan

Tagline pada milad STKIP Muhammadiyah Kuningan adalah semangat bersama, inovasi berkelanjutan. Dua pemikiran besar ini merupakan makna dari kata ‘sembilan’. Sembilan tahun harus menjadikan civitas akademika STKIP Muhammadiyah terus memupuk kebersamaan. Sense of togetherness dalam menumbuhkembangkan kampus merupakan hal esensial yang harus terinternalisasi dalam jiwa dosen, karyawan dan mahasiswa semua. Jika semangat individu diakumulasikan dengan individu lain yang terbentuk dalam komunitas yang besar maka akan mampu memproduksi ide cemerlang untuk kemajuan kampus baik di bidang pendidikan, teknologi maupun kewirausahaan.

Tafsir ‘sembilan’ yang kedua adalah inovasi berkelanjutan. Makna dari inovasi berkelanjutan adalah bahwa di usia yang ke sembilan tahun ini, STKIP Muhammadiyah Kuningan senantiasa memiliki gairah untuk melakukan kebaruan atau inovasi tiada henti sesuai perkembangan zaman. Era perubahan yang masif melalui katalisator teknologi telah menjadikan individu harus bergerak lebih cepat lagi. Gerakan konvensional di lembaga pendidikan tidak akan mampu menjawab kebutuhan publik yang dinamis. Tentu perlu banyak instrumen yang dibutuhkan untuk melakukan akselerasi dan penyeimbangan perubahan ini. Sehingga, pola ide dan kerja yang inovatif dan berkelanjutan akan menjadi jawaban tepat bagi STKIP Muhammadiyah Kuningan di usia sembilan tahun ini.

Bersama dan berinovasi merupakan kolaborasi komitmen dan gagasan. Komitmen besar akan muncul dari hasil kebersamaan. Inovasi akan kuat terimplementasikan jika kebersamaan terjalin serta saling menopang satu sama lain terjadi. Sinergitas dan kolaborasi merupakan esensi ‘bersama’ dalam konteks Milad ke 9 ini. Bersama dalam konteks akademik merupakan menyepadankan gagasan atau ide, mempertemukan interdisipliner maupun multidisipliner antar civitas akademika, dan menyadari keberbedaan dari berbagai hal. Dari semua kekuatan tersebut maka lahirlah kebaruan (inovasi) dalam berpikir dan bertindak, kebaruan dalam program, kebaruan yang menghasilkan improvisasi tentang pola pengembangan lembaga pendidikan tinggi STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Semoga di usia yang ke 9 tahun ini, STKIP Muhammadiyah Kuningan akan semakin memberikan kebermanfaatan kepada ummat. Sebesar apapun infrastruktur yang dibangun dan sehebat apapun program yang dicapai jika tidak memberikan dampak manfaat terhadap ummat maka tidak akan bermakna apa-apa. Oleh karena nya, esensi dari perjalanan STKIP Muhammadiyah Kuningan semoga menjadi titik awal untuk terus belajar berkiprah untuk umat yang mencerahkan dan berkemajuan.

Selamat Milad ke 9 STKIP Muhammadiyah Kuningan tercinta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *