Dalam sebuah hadits shahih juga telah dijelaskan pengertian sombong, sebagaimana berikut:
ู ุญูุฏููุซูููุง ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุงููู ูุซููููู ููู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุจูุดููุงุฑู ููุฅูุจูุฑูุงูููู ู ุจููู ุฏููููุงุฑู ุฌูู ููุนูุง ุนููู ููุญูููู ุจููู ุญูู ููุงุฏู ููุงูู ุงุจููู ุงููู ูุซููููู ุญูุฏููุซูููู ููุญูููู ุจููู ุญูู ููุงุฏู ุฃูุฎูุจูุฑูููุง ุดูุนูุจูุฉู ุนููู ุฃูุจูุงูู ุจููู ุชูุบูููุจู ุนููู ููุถููููู ุงููููููููู ูููู ุนููู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ุงููููุฎูุนูููู ุนููู ุนูููููู ูุฉู ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ู ูุณูุนููุฏู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุง ููุฏูุฎููู ุงููุฌููููุฉู ู ููู ููุงูู ููู ููููุจููู ู ูุซูููุงูู ุฐูุฑููุฉู ู ููู ููุจูุฑู ููุงูู ุฑูุฌููู ุฅูููู ุงูุฑููุฌููู ููุญูุจูู ุฃููู ููููููู ุซูููุจููู ุญูุณูููุง ููููุนููููู ุญูุณูููุฉู ููุงูู ุฅูููู ุงูููููู ุฌูู ูููู ููุญูุจูู ุงููุฌูู ูุงูู ุงููููุจูุฑู ุจูุทูุฑู ุงููุญูููู ููุบูู ูุทู ุงููููุงุณู
Artinya: “Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al-Mutsanna dan Muhammad bin Basysyar serta Ibrahim bin Dinar, semuanya dari Yahya bin Hammad, Ibnu al-Mutsanna berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hammad telah mengabarkan kepada kami Syu’bah dari Aban bin Taghlib dari Fudlail al-Fuqaimi dari Ibrahim an-Nakha’i dari ‘Alqamah dari Abdullah bin Mas’ud dari Nabi SAW, beliau bersabda: Tidak akan masuk surga, orang yang di dalam hatinya terdapat seberat biji sawi dari kesombongan. Seorang laki-laki bertanya: Sesungguhnya laki-laki menyukai apabila baju dan sandalnya bagus (apakah ini termasuk kesombongan)? Beliau menjawab: Sesungguhnya Allah itu bagus menyukai yang bagus, kesombongan itu menolak kebenaran dan meremehkan manusia”. [HR. Muslim: 131].
Di dalam riwayat al-Tirmidzi terdapat penjelasan atas hadits ini yang terdapat dalam akhir dari bunyi haditsnya:
ุญูุฏููุซูููุง ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุงููู ูุซููููู ููุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุญูู ููู ููุงููุง ุญูุฏููุซูููุง ููุญูููู ุจููู ุญูู ููุงุฏู ุญูุฏููุซูููุง ุดูุนูุจูุฉู ุนููู ุฃูุจูุงูู ุจููู ุชูุบูููุจู ุนููู ููุถููููู ุจููู ุนูู ูุฑูู ุนููู ุฅูุจูุฑูุงูููู ู ุนููู ุนูููููู ูุฉู ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุง ููุฏูุฎููู ุงููุฌููููุฉู ู ููู ููุงูู ููู ููููุจููู ู ูุซูููุงูู ุฐูุฑููุฉู ู ููู ููุจูุฑู ููููุง ููุฏูุฎููู ุงููููุงุฑู ููุนูููู ู ููู ููุงูู ููู ููููุจููู ู ูุซูููุงูู ุฐูุฑููุฉู ู ููู ุฅููู ูุงูู ููุงูู ููููุงูู ูููู ุฑูุฌููู ุฅูููููู ููุนูุฌูุจูููู ุฃููู ููููููู ุซูููุจูู ุญูุณูููุง ููููุนูููู ุญูุณูููุฉู ููุงูู ุฅูููู ุงูููููู ููุญูุจูู ุงููุฌูู ูุงูู ููููููููู ุงููููุจูุฑู ู ููู ุจูุทูุฑู ุงููุญูููู ููุบูู ูุตู ุงููููุงุณู ู ููุงูู ุจูุนูุถู ุฃููููู ุงููุนูููู ู ููู ุชูููุณููุฑู ููุฐูุง ุงููุญูุฏููุซู ููุง ููุฏูุฎููู ุงููููุงุฑู ู ููู ููุงูู ููู ููููุจููู ู ูุซูููุงูู ุฐูุฑููุฉู ู ููู ุฅููู ูุงูู ุฅููููู ูุง ู ูุนูููุงูู ููุง ููุฎููููุฏู ููู ุงููููุงุฑู ููููููุฐูุง ุฑููููู ุนููู ุฃูุจูู ุณูุนููุฏู ุงููุฎูุฏูุฑูููู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุฎูุฑูุฌู ู ููู ุงููููุงุฑู ู ููู ููุงูู ููู ููููุจููู ู ูุซูููุงูู ุฐูุฑููุฉู ู ููู ุฅููู ูุงูู ููููุฏู ููุณููุฑู ุบูููุฑู ููุงุญูุฏู ู ููู ุงูุชููุงุจูุนูููู ููุฐููู ุงููุขููุฉู { ุฑูุจููููุง ุฅูููููู ู ููู ุชูุฏูุฎููู ุงููููุงุฑู ููููุฏู ุฃูุฎูุฒูููุชููู } ููููุงูู ู ููู ุชูุฎููููุฏู ููู ุงููููุงุฑู ููููุฏู ุฃูุฎูุฒูููุชููู ููุงูู ุฃูุจูู ุนููุณูู ููุฐูุง ุญูุฏููุซู ุญูุณููู ุตูุญููุญู ุบูุฑููุจู
Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al–Mutsanna dan Abdullah bin Abdurrahman. Keduanya berkata: telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hammad, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Aban bin Taghlib dari Fudlail bin Amr dari Ibrahim dari ‘Alqamah dari Abdullah dari Nabi SAW, beliau bersabda: Tidak akan masuk surga bagi seseorang yang di dalam hatinya terdapat sifat sombong meskipun hanya sebesar biji dzarrah. Dan tidak akan pula masuk neraka, yaitu seorang yang di dalam hatinya terdapat keimanan meskipun hanya sebesar biji dzarrah. Abdullah berkata: Kemudian seseorang berkata kepada Beliau, sesungguhnya aku merasa bangga, jika pakaianku bagus dan sandalku juga bagus. Beliau bersabda: Sesungguhnya Allah menyukai keindahan. Akan tetapi yang dimaksud kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia. Sebagian Ahli Ilmu berkata terkait tafsir hadits ini, Tidak akan pula masuk neraka, yaitu seseorang yang di dalam hatinya terdapat keimanan meskipun hanya sebesar biji dzarrah. Maknanya, tidak akan kekal di dalam neraka. Dan seperti inilah sebagaimana yang diriwayatkan dari Abu Sa’id al–Khudri dari Nabi SAW. Beliau bersabda: Akan dikeluarkan dari neraka, yaitu seorang yang di dalam hatinya terdapat keimanan meskipun hanya sebesar biji dzarrah. Kalangan Tabi’in memberikan tafsiran terkait ayat ini: siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh Engkau telah menghinakannya. Maksudnya, siapa yang Engkau kekalkan di dalam neraka, maka sungguh Engkau telah menghinakannya. Abu Isa berkata: ini adalah hadits hasan shahih gharib”. [HR. al-Tirmidzi: 1922].
Akibat dari Kesombongan
Kelanjutan penjelasan kosa kata dalam surat al-Baqarah (2) ayat 34 di atas adalah ungkapan terakhir ayat itu: (ููููุงูู ู ููู ุงููููุงููุฑูููู) wa kaana minal kaafiriin: Dan dia (Iblis) itu termasuk golongan orang-orang yang kafir. Kata al-kaafiriin adalah bentuk jamak dari kata kaafir. Orang kafir adalah orang yang mendustakan Allah ta’ala. Mendustakan itu berarti tidak membenarkan. Dalam ungkapan lain, orang kafir adalah orang yang menolak dan membangkang serta tidak mau menaati perintah Allah atau salah seorang utusan-Nya (Rasul-Nya).
Perintah bersujud kepada Adam tersebut mempunyai arti menghormati Adam. Para malaikat menaati dan melaksanakan perintah Allah ta’ala dengan bersujud kepada Adam. Sedangkan Iblis tidak mau bersujud kepada Adam. Iblis merasa dirinya lebih baik dibandingkan Adam. Iblis menolak bersujud dan merasa dirinya lebih mulia karena dia diciptakan dari api, sedangkan Adam cuma diciptakan dari tanah. Karena penolakan dan pembangkangan Iblis untuk tunduk dan taat kepada Allah ta’ala, maka Iblis masuk ke dalam golongan makhluk yang kafir.
Alasan Iblis menolak perintah Allah untuk bersujud kepada Adam dijelaskan di dalam ayat-ayat berikut:
ุฅูุฐู ููุงูู ุฑูุจูููู ููููู ูููุงุฆูููุฉู ุฅููููู ุฎูุงูููู ุจูุดูุฑูุง ู ููู ุทูููู (71) ููุฅูุฐูุง ุณููููููุชููู ููููููุฎูุชู ููููู ู ููู ุฑููุญูู ููููุนููุง ูููู ุณูุงุฌูุฏูููู (72) ููุณูุฌูุฏู ุงููู ูููุงุฆูููุฉู ูููููููู ู ุฃูุฌูู ูุนูููู (73) ุฅููููุง ุฅูุจููููุณู ุงุณูุชูููุจูุฑู ููููุงูู ู ููู ุงููููุงููุฑูููู (74) ููุงูู ููุง ุฅูุจููููุณู ู ูุง ู ูููุนููู ุฃููู ุชูุณูุฌูุฏู ููู ูุง ุฎูููููุชู ุจูููุฏูููู ุฃูุณูุชูููุจูุฑูุชู ุฃูู ู ููููุชู ู ููู ุงููุนูุงููููู (75) ููุงูู ุฃูููุง ุฎูููุฑู ู ููููู ุฎูููููุชูููู ู ููู ููุงุฑู ููุฎูููููุชููู ู ููู ุทูููู (76) -ุต/71-76
Artinya: “(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah (71). Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)-Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya (72). Lalu seluruh malaikat itu bersujud semuanya (73). kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir (74). Allah berfirman: Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku? Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi? (75). Iblis berkata: Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah (76)” [Q.s. Shaad (38): 71-76].
Pelajaran yang dapat dipetik dari Q.s. al-Baqarah (2) ayat 34 di atas adalah, pertama, Adam sebagai bapak umat manusia memiliki kedudukan yang tinggi karena memperoleh anugerah ilmu dari Allah ta’ala. Oleh karena itu, manusia harus terus belajar dan menambah ilmu supaya memiliki kedudukan yang mulia. Kedua, pelajaran bagi manusia akan bahaya sikap menolak dan berlaku sombong sampai tidak menaati perintah Allah ta’ala sehingga bisa berakibat menjadi kafir.
Penulis : M. Yusron Asrofie
Sumber : http://tuntunanislam.id/
Halaman Sebelumnya: Yang Sombong Tidak Akan Masuk Surga (1)......